Inilah Kamus Atau Istilah Dalam 48 Family

Sudah kita ketahui bersama kalau JKT48 itu yaitu saudara dari AKB48 yang merupakan Idol group ternama di Jepang. JKT48 membawa unsur-unsur sub kultur Jepang sehingga banyak menggunakan istilah-istilah Jepang. Bagi para Fans JKT48 tentu ingin mengetahui arti dari istilah yang ada. Berikut ini kami coba memaparkan Kamus atau Istilah Dalam 48 Family dari beberapa kosakata yang ada.

Pertama, istilah nama-nama akronim 48 family dan negara asalnya:
  •     AKB48 : Akihabara (Jepang)
  •     JKT48 : Jakarta (Indonesia)
  •     SKE48 : Sakae (Jepang)
  •     HKT48 : Hakata (Jepang)
  •     NMB48 : Namba (Jepang)
  •     SNH48 : Shanghai (China)
  •     TPE48 : Taipei (Taiwan)
  •     SDN48 : Saturday Night (Jepang)
  •     Nogizaka46 : Nogizaka (Jepang)

Nah itu yaitu nama-nama idol group 48 family yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto san atau sering disebut (AKI-P). Dan di urutan terakhir kenapa angka 46 bukan 48? inilah alasannya:

Alasan kenapa Nogizaka46 menggunakan 46 bukan 48


Nogizaka46 (乃木坂46) yaitu grup idola Jepang yang dibuat 22 Agustus 2011 oleh produser Yasushi Akimoto sebagai "rival resmi" AKB48. Nama grup ini diambil dari lokasi kantor label rekaman SME yang berada di Nogizaka. Angka 46 dibelakang Nogizaka diberikan oleh Akimoto dengan maksud "memberi semangat supaya tidak kalah dari AKB48 meskipun jumlah anggota hanya sedikit"

Oke, lanjut ke kamus atau istilah kata-kata atau kosakata yang digunakan dalam 48 family.

Kamus atau Istilah Dalam 48 Family


-WOTA : Istilah ini bekerjsama sama dengan "Otaku" yaitu penggemar berat subkultur Jepang ibarat Manga, Anime, Film, Game, dsb. Otaku lebih dari sekedar fans. Mereka yaitu orang yang sangat berdedikasi terhadap hobinya. Tidak akan ragu mengorbankan dirinya ( imej, uang, waktu, dsb ) untuk hobi tersebut, hingga taraf dimana orang normal akan melihat mereka sebagai Freak / Geek / Nerd. Otaku untuk Idol Grup mempunyai panggilan / sebutan yang berbeda dengan otaku Anime, yaitu Wota. Dan perlu diketahui bahwa istilah Wota tidak di pribadi untuk AKB48 dan sister grupnya, tapi kebanyakan fans Idol Grup juga menerima sebutan yang sama ( Momusu - Mowota, Johnny's Ent. - Janiwota ).Kesimpulannya, fans JKT48 cukup disebut fans JKT48 saja, entah beliau sudah usang menggeluti dunia JKT48 ataupun masih baru. Tidak ada istilah lain, termasuk wota. Karena semua fans JKT48 tujuannya sama, mendukung JKT48 supaya menjadi lebih baik. Dan itulah yang dibutuhkan JKT48, para fans bersatu untuk mendukung JKT48 hingga kapanpun

Alasannya:
  • Wota yaitu panggilan untuk fans idol group di Jepang, bukan hanya untuk 48 family saja, alasannya di Jepang banyak idol group selain 48 family 
  • Khusus untuk JKT48, istilah wota tidak berlaku, alasannya walaupun JKT48 adalah  sister group AKB48 yang berasal dari Jepang, JKT48 tetap idol group yang berasal dari Indonesia dan menggunakan budaya Indonesia 
  • Para member JKT48 juga tidak baiklah kalau istilah wota diartikan sebagai "tingkatan fans yang lebih tinggi". Hal itu hanya akan menyulut perselisihan antar fans, antara fans yang merasa lebih tahu dan fans yang masih baru. Fans JKT48 semuanya sama, dan JKT48 sama sekali tidak mengharapkan perselisihan antar fans JKT48, alasannya sesuai motto 48 family "tumbuh dan berkembang bersama fans", JKT48 tidak akan berkembang kalau fansnya terpecah belah 

Kesimpulannya, fans JKT48 cukup disebut fans JKT48 saja, entah beliau sudah usang menggeluti dunia JKT48 ataupun masih baru. Tidak ada istilah lain, termasuk wota. Karena semua fans JKT48 tujuannya sama, mendukung JKT48 supaya menjadi lebih baik. Dan itulah yang dibutuhkan JKT48, para fans bersatu untuk mendukung JKT48 hingga kapanpun


WOTAGEI : Yaitu sorakan atau gerakan khas Fans Idol Grup ketika menonton pertunjukan idolanya. Dapat juga berupa tarian khusus.

-CHANT : Salah satu unsur dari Wotagei yaitu Chant. Ini yaitu bentuk sorakan fans yang dilakukan para fans idol grup pada bagian-bagian tertentu lagu ketika menonton pertunjukan idolanya. Chant bukan hanya milik fans 48 Family saja, tapi sudah usang mengakar di kalangan fans idol grup semenjak pertengahan tahun 90'an, termasuk di konser Z-1 dan lalu Hello! Project. Kata-kata Chant yang disorakan seragam dan ada standarnya. Chant disorakan sewaktu Overture, Intro ( awal lagu ), dan sewaktu tempo lagu melambat. Chant berakhir sebelum idola mulai bernyanyi. Chant tidak dilakukan untuk lagu bertempo pelan, sedih, atau balada. Pada lagu yang dimulai secara tiba-tiba ibarat "Heavy Rotation", Chant ditunda hingga Interlude ( bab instrumental ). Ada beberapa variasi Chant yang dikenal kalangan Fans. Berikut ini yaitu Chant Standar untuk Fans AKB48 dan Sister Grupnya :"Aaaa... Yossa Ikuzo !!. Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya !!" atau dalam pengucapan Jepangnya ( Taiga, Faiya, Saiba, Faiba, Daiba, Baiba, Jya Jya !! )."Yossa Ikuzo !!" yang artinya "Ayo Mulai !!", yaitu yaitu komando untuk memulai sorakan, diikuti pelafalan bahasa jepang untuk kata-kata bahasa inggris, Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, dan Viber. Alasan kata-kata tersebut dipilih juga tidak diketahui pasti.Ada pula variasi Chant, yaitu disebut Chant Mix yang menggunakan kata-kata orisinil bahasa jepang ( Japanese Mix ) dan Chant Mix dari bahasa Ainu ( Ainu Mix ), atau adonan dari Standar, Jepang, dan Ainu. Kata-kata bahasa jepang atau bahasa Ainu yang digunakan merupakan terjemahan dari Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, dan Viber.Bahasa Jepang yaitu :"Aaa... Mou Iccho Ikuzo !!, Tora, Hi, Jinzou, Seni, Ama, Shindou, Kasen, Tobi, Jyokyo !!"Sedangkan Bahasa Ainu yaitu :"Aaa... Mou Iccho Ikuzo !!, Chape, Ape, Kara, Kina, Rara, Tosuke, Myoohontosuke !!"Ada banyak sekali klarifikasi perihal asal seruan Chant, namun semuanya simpang siur bagaikan legenda urban. Chant ibarat hal nya Wotagei diperkirakan berawal dari reaksi impulsif atau partisipasi penonton di konser idola Jepang.

-OSHIMEN : Oshimen terdiri dari dua kata, yaitu "Oshi" dan "Men". Oshi yang berarti "Push / Support ( Dukungan )" dan Men yaitu dari kata Menba ( Member ), Kaprikornus pengertian Oshimen yaitu Member yang paling didukung atau sanggup juga dibilang, Member yang paling di idolakan. Dalam banyak kasus, seorang fans sanggup mempunyai banyak member favorit, tapi niscaya ada satu diantara member tersebut yang paling disukai atau tidak tergantikan, itulah yang disebut dengan istilah Kami-Oshi.

-OSHIHEN : Yaitu kondisi dimana fans mengganti Oshi dari satu member ke member yang lainnya. Hal ini sering dianggap kurang sopan bagi mantan Oshimen fans tersebut, dan sanggup juga menciptakan mantan Oshimen fans tersebut akan merasa terpukul dan kecewa kalau mengetahui fans tersebut Oshihen.

-JIKOSHOUKAI : Self Introduction ( Perkenalan Diri ) dari masing-masing member. Tentunya mempunyai sebuah line khusus untuk introduksi bukanlah sebuah keharusan, tapi kalau seorang member mempunyai Jikoshoukai ciri khas mereka masing-masing, maka akan memberi nilai lebih dimata para fans.

-KENKYUUSEI : Research Student, atau disebut juga Tim Cadangan. Peran mereka biasanya untuk menggantikan spot member tetap yang tidak sanggup hadir pada hari pertunjukan Theater. Biasanya ada semacam kecenderungan unik dari para fans untuk Oshihen pada mereka. Bisa jadi alasannya mereka melihat member yang terkenal sudah tidak perlu lagi di dukung atau sudah bosan, atau alasannya melihat para Kenkyuusei inilah yang justru paling aktif berada di Theater, dibanding senior mereka yang sering berhalangan alasannya urusan luar.

-SENBATSU : Yang artinya pilihan / seleksi. Sebagai Grup yang mempunyai jumlah member paling banyak, maka terasa perlu untuk dibuatkan barisan Representatif dari sekian banyak member yang ada. Mereka inilah yang disebut sebagai Senbatsu. Biasanya mereka dipilih menurut popularitas dikalangan fans. laba dari member Senbatsu yaitu mereka sering digunakan untuk tampil di PV utama, media ( Majalah, TV Show, Event, dsb ), dan tentu saja kepopularitasan.

 yang merupakan Idol group ternama di Jepang Inilah Kamus atau Istilah Dalam 48 Family
salah satu suasana senbatsu


-SENBATSU SOUSENKYO : Sejak tahun 2009, AKB48 rutin menggelar Senbatsu Sousenkyo ( Pemilu Senbatsu ) setahun sekali yang bertujuan memberi kesempatan bagi para fans untuk memilih sendiri member Senbatsu mereka. Caranya yaitu member Vote untuk member favorit mereka, dengan mengumpulkan tiket vote yang mereka sanggup di single tertentu ( biasanya satu single sebelum Single Sousenkyo ). Tentu saja pembelian Multikopi yaitu sah, dan satu tiket vote dihitung satu suara.

-JANKEN SENBATSU : Salah satu wangsit "Nyeleneh" yang diciptakan Yasushi Akimoto untuk memilih Senbatsu AKB48. Caranya dengan melaksanakan Janken ( Suit Jepang ). Event khusus akan diadakan untuk hal ini, berupa sistem turnamen, satu persatu member yang kalah akan gugur hingga didapat pemenang utama yang nantinya akan menerima posisi terdepan.

-UNDERGIRLS : Istilah ini digunakan untuk para member yang posisi popularitasnya dibawah Senbatsu. Biasanya member yang termasuk disini yang punya Popularity Rank nomor 20 kebawah hingga sekitar angka 40. Urutan ini tentunya sanggup berubah tergantung dari berapa banyak jumlah Senbatsu yang ditentukan untuk sebuah single.

-GOLDEN RULES : Yaitu sejumlah peraturan yang harus ditaati oleh para member. Peraturan-peraturan tersebut diantaranya :1. Dilarang Pacaran2. Dilarang berfoto dengan Fans3. Dilarang memention fans di Jejaring Sosial ( Facebook, Twitter, G+, dsb )4. Dilarang ke Diskotik dan mabuk-mabukan atau merokok5. Dilarang menggunakan pakaian yang mencolok ( Namun diubahsuaikan tergantung zaman )6. Dilarang menggunakan Make Up yang tebal7. Dilarang memberi tanda tangan ke Fans ( Kecuali untuk Merchandise yang akan dijual di Event tertentu )8. Jika berpergian harus diawasi atau dikawal oleh Bodyguard atau Orang Tua.9. Harus mengutamakan Pendidikandan sebagainya....

-RENAI KINSHI : Renai Kinshi yaitu salah satu Golden Rules dalam dunia Idol Grup Jepang, dan termasuk yang paling keras untuk ditaati. Bahkan hanya sebuah foto dengan seorang pria, apapun status laki-laki tersebut, sanggup menciptakan karir seorang idol itu tamat seketika jawaban kecaman para Wota Garis Keras yang ingin idola mereka menjaga image pure dan innocent.

-STAGE SONG : Lagu yang terdapat di stage masing-masing tim.

-UNIT SONG : Lagu Stage yang dinyanyikan oleh deretan member tertentu ( bukan seluruh tim ), biasanya terdiri dari 1 member terkenal didampingi oleh 2 hingga 4 member lainnya, dan letaknya beruntun 4 hingga 5 lagu ditengah setlist stage.

-UNIT SHUFFLE : Biasanya hanya dilakukan di konser-konser besar, dimana unit song yang identik dengan susunan member tertentu diacak dan diganti formasinya dengan member lain untuk elemen kejutan.

-DAREDEMO DAISUKI : Pengertian dari "Daredemo Daisuki" yaitu "Saya Suka Semuanya". Diterapkan untuk semua member dengan lebih dari satu Oshimen di Grup yang sama.

-MINNA DAISUKI : Pengertian dari "Minna Daisuki" yaitu "Saya Suka Semuanya". Sama dengan Daredemo Daisuki, tapi dengan seorang Oshimen.

-KAMI7 : Kami yang artinya "Dewa". Istilah ini diciptakan para fans alasannya ada beberapa member yang memang Ranking Popularitasnya tidak pernah tergoyahkan semenjak di AKB48. Ketujuh orang itu yaitu Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Tomomi Itano, Watanabe Mayu, Kojima Haruna, dan Takahashi Minami. Namun dalam Sousenkyoo terakhir muncul sebuah nama gres yang tiba-tiba merubah tatanan tradisional 7 besar tersebut, yaitu Kashiwagi Yuki. Sejak ketika itu istilah Kami7 oleh beberapa kalangan mulai banyak dipelesetkan menjadi Kami8. Akankah Sashihara Rino, Matsui Jurina atau Matsui Rena sebentar lagi mengubahnya menjadi Kami9 ?? Biar waktu yang menunjukkan jawabannya.

Demikian beberapa Kamus atau Istilah Dalam 48 Family, kalau ada yang salah mohon koreksinya, kalau ada yang kurang silakan berkomentar supaya segera kami tambahkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Full Setlist Jkt48 Team J - Theater No Megami Clean HD

Download Album JKT48 Mahagita Kamikyokutachi Full HD

Download Jkt48 Setlist - Tadaima Renaichuu (Sekarang Sedang Jatuh Cinta) DVD RIP